Cara Supaya Cepat Diterima Kerja


Halo gaes, disadari atau tidak, siapa saja pasti menginginkan punya pekerjaan. Karena dengan bekerja tentu akan mendapat imbalan berupa gaji atau duit. Kalau tidak bekerja mana bisa mendapatkan penghasilan (duit)? Meskipun tentu saja jenis pekerjaan akan bermacam-macam.

Lantas bagaimana supaya kita mudah dalam mendapatkan pekerjaan? Kali ini Mimin @lokersalatiga akan memberikan beberapa tisp supaya kamu cepat mendapatkan pekerjaan, atau cepat diterima saat melamar pekerjaan.

Apa saja sih yang perlu diperhatiakan saat melamat suatu pekerjaan? Ikutilah ulasan mimin sampai selesai ya.

1. Melakukan investigasi atau riset

Apa yang dimaksud investigasi sebelum melamar pekerjaan? Artinya adalah kita harus melihat dan mencari tahu dulu tentang perusahaan dan tanggungjawabnya sebelum kita melamar. Jangan sampai kamu melamar kerja, tetapi tidak tahu tugas dan pekerjaan yang dilakukan dalam perusahaannya tersebut.

Apa tujuan dari riset tersebut? Tujuannya adalah supaya kamu tahu dan kamu punya keputusan sebelum memastikan untuk mengirim surat lamaran. Jika kamu sudah tahu, maka kamu akan memiliki keputusan apakah perusahaan tersebut sesuai dengan keinginan kamu atau tidak.

Jika setelah melakukan riset ternyata perusahaan tersebut adalah instansi yang sesuai dengan keinginan dan hobi atau passion kamu, maka kamu tinggal melakukan langkah lebih lanjut yakni membuat surat lamaran.

2. Membuat surat lamaran yang benar

Hal berikutnya sebelum melamar kerja yang tidak kalah penting adalah membuat surat lamaran. Surat lamaran adalah sebuah diskripsi permohonan yang diajukan kepada perusahaan yang berisi identitas diri, seperti: nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan, nomor kontak yang bisa dihubungi nomor telepon dan email.

Pembuatan surat lamaran tidak boleh sembarangan loh gaes. Karena ia menjadi salah satu hal penting yang akan dibca oleh HRD atau pihak perusahaan. Buatlah surat lamaran yang baik dan benar. Baik dalam hal tata letak, pemilihan kata dan penyusunan kalimat yang sesuai EYD. Kenapa demikian? Karena surat lamaran yang serius akan menunjukkan keserius kamu dalam melamar dan bergabung dengan perusahan tersebut.

Surat lamaran biasanya dilampiri beberapa hal, seperti CV atau daftar riwayat hidup, foto copy KTP dan pas foto. Setelah surat lamaran selesai dibuat, langkah berikutnya adalah membuat CV.

3. Membuat CV atau daftar riwayat hidup

Membuat CV atau daftar riwayat hidup merupakan langkah yang tak kalah penting selain surat lamaran gaes! Kenapa begitu, seperti yang kita tahu, CV merupakan lembar yang berisi daftar riwayat hidup sesorang dengan lengkap. Bukan hanya nama dan tanggal lahir. Tetapi dalam CV kamu perlu mencantumkan hobi dan kemampuannya.

Apakah diskripsi dalam CV harus dimasukkan semua tentang diri kamu? Tentu tidak juga. Hal ini sering menjadi pemahaman yang keliru bagi calon pelamar kerja (job seeker). Perlu kamu ingat, hobi atau kemampuan yang perlu kamu tulis dalam CV upayakan adalah hobi dan kemampuan sesuai perusahaan yang kamu lamar gaes. Jangan sampai kamu mencantumkan kemampuan kamu bertolak belakang dengan fokus pekerjaan instansi yang kamu lamar.

Seperti apa kemampuan yang bertolak belakang dengan fokus perusahaan? Misalahnya perusahaan yang kamu lamar fokus bergerak di bidang media cetak dan berita, lantas kamu mencantumkan kemampuan hanya dibidang memasak, nah ini akan menjadi fatal gaes!

Karena itulah, dalam menulis CV kita perlu perhatikan dan sesuaikan dengan fakus instansi yang kita lamar. Kenapa demikian, karena perusahan pasti memanggil kandidat yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam perusahaan tersebut. Setelah CV sudah selesai, langkah selanjutnya adalah mengirim lamaran sekaligus menyiapkan interview.

Khusus persiapan interview, tunggu dulu gaes. Mimin bahas di artikel berikutnya ya.

Sampai di sini, kira-kira kalian sudah paham belum gaes? Bagi yang kurang paham atau ada yang mau ditanyakan, bisa corat-coret di kolom komentar ya, nanti Mimin share jawabannya.


Artikel lanjutan berikutnya tentang:

44. Persiapakan interview atau wawancara
55. Belajarlah sikap atau bahasa tubuh
66. Pakaian yang rapi